Rabu, 03 Oktober 2018

RPP Kurtilas Revisi : Korespondensi kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                         : SMK BUDI ASIH JAKARTA
Bidang Keahlian                               : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian                          : Manajemen Perkantoran
Kompetensi Keahlian                    : Otomatisasi dan Tata kelola Perkantoran
Kelas / Semester                             : X / ganjil
Mata Pelajaran                                 : KORESPONDENSI
Alokasi Waktu                                  : 4 x 45 menit (pertemuan ke-7 dan ke-8)
A.   Kompetensi Inti
KI-3:
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4:
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.   Kompetensi Dasar
3.4 Menerapkan tata naskah dalam kegiatan surat menyurat Bahasa Indonesia
4.4 Melaksanakan tata naskah dalam kegiatan surat menyurat Bahasa Indonesia
C.   Indikator pencapaian kompetensi :
PENGETAHUAN
1.       Mengidentifikasi syarat, arti, fungsi dan jenis surat
2.       Mengidentifikasi perbedaan bagian-bagian surat
3.       Menggunakan tata  bahasa dalam surat menyurat
4.       Menggambarkan bentuk-bentuk surat
5.       Mengartikan tanda baca dan tanda koreksi dalam surat menyurat

KETERAMPILAN
1.    Melaksanakan tata naskah dalam kegiatan surat menyurat Bahasa Indonesia

D.  Tujuan Pembelajarn
Pengetahuan:
Melalui proses pengamatan dengan penggalian informasi yang sesuai dengan buku sumber dan sumber lainnya diharapkan siswa dapat:
1.       Mengidentifikasi syarat, arti, fungsi dan jenis surat dengan jelas
2.       Mengidentifikasi perbedaan bagian-bagian surat dengan jelas
3.       Menggunakan tata  bahasa dalam surat menyurat dengan benar
4.       Menggambarkan bentuk-bentuk surat dengan percaya diri
5.       Mengartikan tanda baca dan tanda koreksi dalam surat menyurat dengan benar
Keterampilan:
Melalui proses pengamatan dari demonstrasi yang dilakukan atau disajikan guru diharapkan siswa dapat melaksanakan tata naskah dalam kegiatan surat menyurat Bahasa Indonesia yang sesuai dengan ketentuan dalam membuat surat.
D.     Materi Pembelajaran
1.       Syarat, arti, fungsi dan jenis surat
2.       Perbedaan bagian-bagian surat
3.       Tata  bahasa dalam surat menyurat
4.       Bentuk-bentuk surat
5.       Tanda baca dan tanda koreksi dalam surat menyurat

F.        Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan : Student Center
2.       Model    : Discovery learning
3.       Metode: Diskusi, tanya jawab dan penugasan.

G.       Kegiatan Pembelajaran
                Pertemuan I
No.
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
1.         Guru mengucapkan salam
2.         Ketua kelas memimpin doa saat pembelajaran akan dimulai.dan guru mengecek kehadiran siswa.
3.         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa baik kemampuan proses maupun kemampuan produk serta manfaatnya bagi karir siswa (motivasi).
4.         Membentuk kelompok diskusi
5.         Menjelaskan strategi pembelajaran yang digunakan.
6.         Siswa diingatkan pada materi sebelumnya tentang yang diterima di kelas X
10
2
Inti
Pemberian stimulus terhadap siswa.








Identifikasi masalah
































Pengumpulan data































Pembuktian













Menarik kesimpulan/generalisasi
1.       Guru meminta siswa untuk melihat tayangan Jenis- jenis surat sebagai contoh dari Surat dalam bahasa indonesia

2.       Siswa melihat bahan tayang video yang disajikan oleh Guru.

3.       Siswa diberi kesempatan untuk mengadakan tanya jawab tentang syarat, arti, fungsi dan jenis surat; perlengkapan dalam surat menyurat; perbedaan bagian-bagian surat; tata  bahasa dalam surat menyurat; bentuk-bentuk surat; tanda baca dan tanda koreksi dalam surat menyurat.
4.       Siswa mengidentifikasi jawaban syarat, arti, fungsi dan jenis surat; perlengkapan dalam surat menyurat; perbedaan bagian-bagian surat; tata  bahasa dalam surat menyurat; bentuk-bentuk surat; tanda baca dan tanda koreksi dalam surat menyurat sesuai dengan jenis kegiatan pokok dari hasil diskusi dan buku.
Siswa menentukan syarat, arti, fungsi dan jenis surat; perlengkapan dalam surat menyurat; perbedaan bagian-bagian surat; tata  bahasa dalam surat menyurat; bentuk-bentuk surat; tanda baca dan tanda koreksi dalam surat menyurat sesuai dengan ketentuan dalam membuat surat

5.       Siswa mengidentifikasi masalah – masalah melalui contoh yang didemonstrasikan oleh guru mengenai syarat, arti, fungsi dan jenis surat; perlengkapan dalam surat menyurat; perbedaan bagian-bagian surat; tata  bahasa dalam surat menyurat; bentuk-bentuk surat; tanda baca dan tanda koreksi dalam surat menyurat sesuai dengan ketentuan membuat surat


6.       Siswa membaca buku atau membuka internet untuk mendapatkan informasi lebih tentang syarat, arti, fungsi dan jenis surat; perlengkapan dalam surat menyurat; perbedaan bagian-bagian surat; tata  bahasa dalam surat menyurat; bentuk-bentuk surat; tanda baca dan tanda koreksi dalam surat menyurat yang sesuai dengan ketentuan membuat surat.

7.       Siswa mempresentasikan hasil diskusi syarat, arti, fungsi dan jenis surat; perlengkapan dalam surat menyurat; perbedaan bagian-bagian surat; tata  bahasa dalam surat menyurat; bentuk-bentuk surat; tanda baca dan tanda koreksi dalam surat menyurat sesuai dengan ketentuan membuat surat, dibantu oleh moderator, notulen kelompok di hadapan  kelompok lain.

8.       Guru meminta siswa untuk menentukan menarik kesimpulan tentang syarat, arti, fungsi dan jenis surat; perlengkapan dalam surat menyurat; perbedaan bagian-bagian surat; tata  bahasa dalam surat menyurat; bentuk-bentuk surat; tanda baca dan tanda koreksi dalam surat menyurat yang sesuai dengan ketentuan membuat surat. sesuai aturan melalui buku siswa  dan hasil diskusi

65
3
Penutup
1.     Siswa menanyakan hal-hal yang masih ragu.
2.     Guru membantusiswa untuk menjelaskan hal-halyang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi kesalahpahaman terhadap materi.
3.     Siswa menyimpulkan materi di bawah bimbingan guru.
4.     Melaksanakan evaluasi.
5.     Guru memberi tugas untuk pertemuan selanjutnya.
6.     Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
15






Pertemuan II
No.
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
1.         Guru mengucapkan salam
2.         Ketua kelas memimpin doa saat pembelajaran akan dimulai.dan guru mengecek kehadiran siswa.
3.         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa baik kemampuan proses maupun kemampuan produk serta manfaatnya bagi karir siswa (motivasi).
4.         Membentuk kelompok diskusi
5.         Menjelaskan strategi pembelajaran yang digunakan.
6.         Siswa diingatkan pada materi sebelumnya tentang yang diterima di kelas X
10
2
Inti
Pemberian stimulus terhadap siswa.









Identifikasi masalah















Pengumpulan data






Pembuktian









Menarik kesimpulan/generalisasi
1.       Guru meminta siswa untuk melihat tayangan Jenis- jenis surat sebagai contoh dari Surat dalam bahasa indonesia

2.       Siswa melihat bahan tayang yang disajikan oleh Guru.


3.       Siswa diberi kesempatan untuk melaksanakan tata naskah dalam kegiatan surat menyurat Bahasa Indonesia. yang sesuai dengan ketentuan dalam membuat surat
4.       Siswa mengidentifikasi jawaban melaksanakan tata naskah dalam kegiatan surat menyurat Bahasa Indonesia yang sesuai dengan ketentuan dalam membuat surat dari hasil diskusi dan buku.

5.       Siswa menentukan bentuk surat yang sesuai dengan ketentuan dalam membuat surat

6.       Siswa membaca buku atau membuka internet untuk melaksanakan tata naskah yang sesuai dengan ketentuan dalam membuat surat

7.       Siswa mempresentasikan hasil diskusi melaksanakan tata naskah yang sesuai dengan ketentuan membuat surat dibantu oleh moderator, notulen kelompok di hadapan  kelompok lain.


8.       Guru meminta siswa untuk menarik kesimpulan tentang melaksanakan tata naskah  yang sesuai dengan aturan melalui buku siswa  dan hasil diskusi

65
3
Penutup
1.     Siswa menanyakan hal-hal yang masih ragu.
2.     Guru membantu siswa untuk menjelaskan hal-halyang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi kesalahpahaman terhadap materi.
3.     Siswa menyimpulkan materi di bawah bimbingan guru.
4.     Melaksanakan evaluasi.
5.     Guru memberi tugas untuk pertemuan selanjutnya.
6.     Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
15







H.       Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan

                Penilaian
Instrumen penilaian      : uraian, praktik
Teknik penilaian              : tes tertulis, tes praktik

No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Pengetahuan
·         Terlampir
·      Tes tertulis
·      Penugasan
·      Akhir KD (ulangan harian)
·     Akhir pembahasan materi
2
Keterampilan
  • Terlampir
Praktek
Penyelesaian praktek secara individu

Remedial
Remedial diberikan kepada peserta didik yang memiliki nilai pengetahuan dan keterampilan di bawah KKM

Pengayaan
Pengayaan diberikan kepada peserta didik yang ingin memiliki nilai yang lebih tinggi dari pencapaiannya

I.          Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1.  Media                     : LCD, Lembar Aktivitas Siswa (LAS)
2.  Alat                          : laptop LCD
3.  Bahan                     : bahan tayang (ppt)
4.  Sumber  :
a. Buku teks siswa : Modul Korespondensi, Muhammad Husain, 2016  Penerbit Rahma Media Pustaka
b. Buku teks guru :Korespondensi 2, Sudarmono , 2016, Kemendikbud

Mengetahui,                                                                                                          Jakarta, 18 Mei 2017
Kepala SMK Budi Asih                                                                                      Guru Mata Pelajaran



Drs. Sutarto HP                                                                                                   Irma Amalia, S.Pd
                                                                  





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL UNTUK MATA PELAJARAN " ADMINISTRASI HUMAS DAN PROTOKOL" KELAS XII 1. Jelaskan yang dimaksud dengan Protokol,Protokorel, dan...