RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMK BUDI ASIH JAKARTA
Bidang Keahlian :
Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian :
Manajemen Perkantoran
Kompetensi Keahlian :
Otomatisasi dan Tata kelola Perkantoran
Kelas / Semester :
X / ganjil
Mata Pelajaran :
KORESPONDENSI
Alokasi Waktu : 4 x 45
menit (pertemuan ke-7 dan ke-8)
A.
Kompetensi Inti
KI-3:
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup
kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
KI-4:
|
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan
prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan
masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola
Perkantoran. Menampilkan kinerja di
bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan
gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
|
B.
Kompetensi Dasar
3.4 Menerapkan tata naskah dalam kegiatan surat menyurat Bahasa
Indonesia
4.4 Melaksanakan tata naskah dalam
kegiatan surat menyurat Bahasa Indonesia
C.
Indikator pencapaian kompetensi :
PENGETAHUAN
1.
Mengidentifikasi syarat, arti, fungsi dan jenis
surat
2.
Mengidentifikasi perbedaan bagian-bagian surat
3.
Menggunakan tata
bahasa dalam surat menyurat
4.
Menggambarkan bentuk-bentuk surat
5.
Mengartikan tanda baca dan tanda koreksi dalam surat
menyurat
KETERAMPILAN
1.
Melaksanakan
tata naskah dalam kegiatan surat menyurat Bahasa Indonesia
D. Tujuan
Pembelajarn
Pengetahuan:
Melalui
proses pengamatan dengan penggalian informasi yang sesuai dengan buku sumber
dan sumber lainnya diharapkan
siswa dapat:
1.
Mengidentifikasi syarat, arti, fungsi dan jenis
surat dengan jelas
2.
Mengidentifikasi perbedaan bagian-bagian surat
dengan jelas
3.
Menggunakan tata
bahasa dalam surat menyurat dengan benar
4. Menggambarkan
bentuk-bentuk surat dengan percaya
diri
5. Mengartikan tanda baca dan tanda koreksi dalam
surat menyurat dengan benar
Keterampilan:
Melalui proses pengamatan dari
demonstrasi yang dilakukan atau disajikan guru diharapkan siswa dapat melaksanakan tata naskah dalam kegiatan surat
menyurat Bahasa Indonesia yang
sesuai dengan ketentuan dalam membuat surat.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Syarat,
arti, fungsi dan jenis surat
2.
Perbedaan
bagian-bagian surat
3.
Tata bahasa dalam surat menyurat
4.
Bentuk-bentuk
surat
5.
Tanda baca
dan tanda koreksi dalam surat menyurat
F.
Pendekatan, Model dan Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Student
Center
2.
Model : Discovery learning
3. Metode: Diskusi,
tanya jawab dan penugasan.
G.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
|
1
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucapkan salam
2.
Ketua
kelas memimpin doa saat pembelajaran akan dimulai.dan guru mengecek kehadiran
siswa.
3.
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa baik kemampuan
proses maupun kemampuan produk serta manfaatnya bagi karir siswa (motivasi).
4.
Membentuk
kelompok diskusi
5.
Menjelaskan
strategi pembelajaran yang digunakan.
6.
Siswa
diingatkan pada materi sebelumnya tentang yang diterima di kelas X
|
10
|
|
2
|
Inti
|
Pemberian
stimulus terhadap siswa.
Identifikasi masalah
Pengumpulan
data
Pembuktian
Menarik
kesimpulan/generalisasi
|
1. Guru meminta siswa untuk melihat tayangan Jenis-
jenis surat sebagai contoh dari
Surat dalam bahasa indonesia
2. Siswa
melihat bahan tayang video
yang disajikan oleh Guru.
3.
Siswa diberi kesempatan untuk mengadakan tanya jawab tentang syarat,
arti, fungsi dan jenis surat; perlengkapan dalam surat menyurat; perbedaan bagian-bagian
surat; tata bahasa dalam surat
menyurat; bentuk-bentuk surat; tanda baca dan tanda koreksi dalam surat
menyurat.
4. Siswa mengidentifikasi jawaban syarat,
arti, fungsi dan jenis surat; perlengkapan dalam surat menyurat; perbedaan
bagian-bagian surat; tata bahasa dalam
surat menyurat; bentuk-bentuk surat; tanda baca dan tanda koreksi dalam surat
menyurat sesuai dengan jenis kegiatan pokok dari hasil diskusi dan buku.
Siswa
menentukan syarat, arti, fungsi dan jenis surat;
perlengkapan dalam surat menyurat; perbedaan bagian-bagian surat; tata bahasa dalam surat menyurat; bentuk-bentuk
surat; tanda baca dan tanda koreksi dalam surat menyurat sesuai dengan ketentuan dalam membuat surat
5. Siswa mengidentifikasi masalah – masalah melalui contoh
yang didemonstrasikan oleh guru mengenai syarat, arti, fungsi dan jenis surat;
perlengkapan dalam surat menyurat; perbedaan bagian-bagian surat; tata bahasa dalam surat menyurat; bentuk-bentuk
surat; tanda baca dan tanda koreksi dalam surat menyurat sesuai dengan ketentuan
membuat surat
6. Siswa membaca buku atau membuka internet untuk mendapatkan informasi lebih tentang syarat, arti, fungsi dan jenis surat;
perlengkapan dalam surat menyurat; perbedaan bagian-bagian surat; tata bahasa dalam surat menyurat; bentuk-bentuk
surat; tanda baca dan tanda koreksi dalam surat menyurat yang sesuai dengan
ketentuan membuat surat.
7. Siswa mempresentasikan hasil diskusi syarat,
arti, fungsi dan jenis surat; perlengkapan dalam surat menyurat; perbedaan
bagian-bagian surat; tata bahasa dalam
surat menyurat; bentuk-bentuk surat; tanda baca dan tanda koreksi dalam surat
menyurat sesuai dengan ketentuan membuat surat, dibantu oleh moderator, notulen kelompok di hadapan kelompok lain.
8. Guru meminta siswa untuk menentukan menarik kesimpulan tentang syarat,
arti, fungsi dan jenis surat; perlengkapan dalam surat menyurat; perbedaan
bagian-bagian surat; tata bahasa dalam
surat menyurat; bentuk-bentuk surat; tanda baca dan tanda koreksi dalam surat
menyurat yang sesuai dengan ketentuan membuat surat. sesuai aturan melalui buku siswa dan hasil diskusi
|
65
|
3
|
Penutup
|
1.
Siswa
menanyakan hal-hal yang masih ragu.
2.
Guru
membantusiswa untuk menjelaskan hal-halyang diragukan sehingga informasi
menjadi benar dan tidak terjadi kesalahpahaman terhadap materi.
3.
Siswa
menyimpulkan materi di bawah bimbingan guru.
4.
Melaksanakan evaluasi.
5.
Guru
memberi tugas untuk pertemuan selanjutnya.
6.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
15
|
|
Pertemuan II
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
|
1
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucapkan salam
2.
Ketua
kelas memimpin doa saat pembelajaran akan dimulai.dan guru mengecek kehadiran
siswa.
3.
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa baik kemampuan
proses maupun kemampuan produk serta manfaatnya bagi karir siswa (motivasi).
4.
Membentuk
kelompok diskusi
5.
Menjelaskan
strategi pembelajaran yang digunakan.
6.
Siswa
diingatkan pada materi sebelumnya tentang yang diterima di kelas X
|
10
|
|
2
|
Inti
|
Pemberian
stimulus terhadap siswa.
Identifikasi masalah
Pengumpulan
data
Pembuktian
Menarik
kesimpulan/generalisasi
|
1. Guru meminta siswa untuk melihat tayangan Jenis- jenis surat sebagai contoh dari Surat
dalam bahasa indonesia
2.
Siswa melihat bahan tayang yang disajikan
oleh Guru.
3. Siswa diberi kesempatan untuk melaksanakan tata naskah dalam kegiatan
surat menyurat Bahasa Indonesia. yang sesuai
dengan ketentuan dalam membuat
surat
4. Siswa mengidentifikasi jawaban melaksanakan
tata naskah dalam kegiatan surat menyurat Bahasa Indonesia yang
sesuai dengan ketentuan dalam membuat
surat dari hasil diskusi dan buku.
5. Siswa
menentukan bentuk surat yang sesuai dengan ketentuan dalam membuat surat
6. Siswa membaca buku atau membuka internet untuk melaksanakan tata naskah yang sesuai dengan ketentuan dalam membuat surat
7. Siswa mempresentasikan hasil diskusi melaksanakan tata naskah yang sesuai dengan ketentuan membuat
surat dibantu oleh moderator, notulen kelompok di
hadapan kelompok lain.
8. Guru meminta siswa untuk menarik kesimpulan tentang melaksanakan tata naskah yang sesuai dengan aturan melalui buku siswa dan hasil diskusi
|
65
|
3
|
Penutup
|
1.
Siswa
menanyakan hal-hal yang masih ragu.
2.
Guru
membantu siswa untuk menjelaskan hal-halyang diragukan sehingga informasi
menjadi benar dan tidak terjadi kesalahpahaman terhadap materi.
3.
Siswa
menyimpulkan materi di bawah bimbingan guru.
4.
Melaksanakan evaluasi.
5.
Guru
memberi tugas untuk pertemuan selanjutnya.
6.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
15
|
|
H.
Penilaian Pembelajaran, Remedial
dan Pengayaan
Penilaian
Instrumen penilaian : uraian, praktik
Teknik penilaian : tes tertulis, tes praktik
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Pengetahuan
·
Terlampir
|
· Tes tertulis
· Penugasan
|
·
Akhir KD (ulangan harian)
·
Akhir pembahasan materi
|
2
|
Keterampilan
|
Praktek
|
Penyelesaian
praktek secara individu
|
Remedial
Remedial diberikan kepada peserta
didik yang memiliki nilai pengetahuan dan keterampilan di bawah KKM
Pengayaan
Pengayaan diberikan kepada
peserta didik yang ingin memiliki nilai yang lebih tinggi dari pencapaiannya
I.
Media, Alat, Bahan dan Sumber
Pembelajaran
1.
Media :
LCD, Lembar Aktivitas Siswa (LAS)
2.
Alat :
laptop LCD
3.
Bahan :
bahan tayang (ppt)
4.
Sumber :
a. Buku teks siswa : Modul Korespondensi, Muhammad Husain, 2016 Penerbit Rahma Media Pustaka
b. Buku teks
guru :Korespondensi
2, Sudarmono , 2016, Kemendikbud
Mengetahui, Jakarta,
18 Mei 2017
Kepala
SMK Budi Asih Guru Mata
Pelajaran
Drs. Sutarto HP Irma
Amalia, S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar