A. PRINSIP-PRINSIP KERJA SAMA DALAM TIM
Tim adalah sekelompok orang yang mempunyai keinginan yang sama untuk menjalin kerja sama demi mencapai tujuan bersama meskipun mempunyai latar belakang keahlian yang berbeda-beda.
· Ciri-ciri sebuah tim, yaitu:
1. Tim dibentuk dan diketuai oleh seorang pemimpin.
2. Tim mempunyai visi, misi, tujuan, dan sasaran yang ingin dicapai.
3. Tim yang dibentuk terdiri dari beberapa macam orang yang mempunyai latar belakang keahlian yang berbeda-beda.
4. Adanya kerja sama antar anggota tim untuk melaksanakan suatu tugas.
5. Dampak keberhasilan dan kegagalan yang dicapai dirasakan oleh semua anggota tim.
· Karakteristik suatu tim, yaitu:
1. Semua anggota tim harus menaati peraturan yang berlaku.
2. Adanya kesepakatan terhadap misi tim.
3. Adanya pembagian tugas, tanggung jawab, dan wewenang.
4. Dapat beradaptasi terhadap, suatu perubahan
· Beberapa prinsip kerja sama yang perlu diperhatikan oleh suatu tim antara lain sebagai berikut:
1. Identitas pribadi anggota tim.
2. Hubungan antaranggota tim.
3. Identitas tim di dalam organisasi.
· Ada 2 manfaat yang dapat diperoleh dari adanya kerja sama dalam tim, yaitu:
1. Manfaat bagi organisasi.
2. Manfaat bagi para anggota
A. TATA HUBUNGAN INTERNAL : VERTICAL DAN HORIZONTAL
Hubungan Vertical → hubungan yang terjadi antara atasan/pimpinan dengan bawaha.
Hubungan horizontal → hubungan yang berlangsung secara mendatarantar staf aau antarkaryawan yang mempunyai kedudukan setingkat atau selevel.
B. INTERPERSONAL RELATIONSHIP
Interpersonal relationship adalah hubungan komunikasi antar pribadi yang terjadi dalam lingkungan pekerjaan atar kepegawaian.
Manfaat:
1. menciptakan rasa aman kepada para karyawan
2. menanamkan rasa kebrsamaa dan loyalitas kepada para karyawan
3. menciptakan hubungan kerja sama yang sehat dan harmonis di antara para karyawan
4. menanamkan rasa tangungjawab kepada para karyawan
5. dapat menciptakan saling pengertian antara pimpinan dengan semua karyawan
6. dalam rangka pembinaa karyawan, sangat memerlukan data-data yang lengkap tentang sikap dan perilaku kerja para pegawai.
· komponen – komponennya: Top Manager, Middle Manager, Lower Manager
C. PENGEMBANGAN PROFESIONALISME KERJA
Profesionalisme adalah mutu, kualitas dan tindak tanduk yang merupakan cirri suatu profesi atau orang yang professional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar