Langsung ke konten utama

BEKERJA DALAM SATU TEAM


A.    PRINSIP-PRINSIP KERJA SAMA DALAM TIM

Tim adalah sekelompok orang yang mempu­nyai keinginan yang sama untuk menjalin kerja sama demi mencapai tujuan bersama meskipun mempunyai latar belakang keahlian yang ber­beda-beda.

·         Ciri-ciri sebuah tim, yaitu:
1.     Tim dibentuk dan diketuai oleh seorang pe­mimpin.
2.     Tim mempunyai visi, misi, tujuan, dan sa­saran yang ingin dicapai.
3.     Tim yang dibentuk terdiri dari beberapa macam orang yang mempunyai latar belakang keahlian yang berbeda-beda.
4.     Adanya kerja sama antar anggota tim untuk melaksanakan suatu tugas.
5.     Dampak keberhasilan dan kegagalan yang dicapai dirasakan oleh semua anggota tim.

·         Karakteristik suatu tim, yaitu:
1.     Semua anggota tim harus menaati peraturan yang berlaku.
2.     Adanya kesepakatan terhadap misi tim.
3.     Adanya pembagian tugas, tanggung jawab, dan wewenang.
4.     Dapat beradaptasi terhadap, suatu perubah­an

·         Beberapa prinsip kerja sama yang perlu diper­hatikan oleh suatu tim antara lain sebagai ber­ikut:
1.     Identitas pribadi anggota tim.
2.     Hubungan antaranggota tim.
3.     Identitas tim di dalam organisasi.

·         Ada 2 manfaat yang dapat diperoleh dari ada­nya kerja sama dalam tim, yaitu:
1.     Manfaat bagi organisasi.
2.   Manfaat bagi para anggota




A.    TATA HUBUNGAN INTERNAL : VERTICAL DAN HORIZONTAL
Hubungan Vertical → hubungan yang terjadi antara atasan/pimpinan dengan bawaha.
Hubungan horizontal → hubungan yang berlangsung secara mendatarantar staf aau antarkaryawan yang mempunyai kedudukan setingkat atau selevel.

B.    INTERPERSONAL RELATIONSHIP

Interpersonal relationship adalah hubungan komunikasi antar pribadi yang terjadi dalam lingkungan pekerjaan atar kepegawaian.
Manfaat:
1.     menciptakan rasa aman kepada para karyawan
2.     menanamkan rasa kebrsamaa dan loyalitas kepada para karyawan
3.     menciptakan hubungan kerja sama yang sehat dan harmonis di antara para karyawan
4.     menanamkan rasa tangungjawab kepada para karyawan
5.     dapat menciptakan saling pengertian antara pimpinan dengan semua karyawan
6.     dalam rangka pembinaa karyawan, sangat memerlukan data-data yang lengkap tentang sikap dan perilaku kerja para pegawai.

·         komponen komponennya: Top Manager, Middle Manager, Lower Manager


C.    PENGEMBANGAN PROFESIONALISME KERJA

Profesionalisme adalah mutu, kualitas dan tindak tanduk yang merupakan cirri suatu profesi atau orang yang professional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mempersiapkan Rapat dan Membuat Notula

A. Pengertian Rapat

Rapat adalah pertemuan antara sejumlah orang atau kelompok untuk membicarakan sesuatu masalah.
Rapat merupakan suatu alat komunikasi langsung antara pimpinan kantor dengan stafnya. Rapat sering diselenggarakan oleh banyak instansi atau perusahaan. Jadi, rapat (conference atau meeting) merupakan pertemuan antara para anggota lingkungan instansi atau perusahaan untuk merundingkan atau menyelesaiakan suatu masalah yang menyangkut kepeningan bersama.
Rapat sangat memerlukan tangan sekretaris yang terampil dalam rapat, terutamamempersiapkan dan merekam serta melaporkan kegiatan rapat pimpinan.
Tugas sekretaris dalam rapat antara lain meliputi hal-hal sebagai berikut :
1. Persiapan
2. Menyusun acara
3. Menyusun teks pidato pimpinan
4. Membuat notula rapat
5. Mmbuat laporan hasil rapat.

B. Persiapan Peyelenggaraan Rapat
1. Membuat surat undangan rapat. Undangan dibuat jauh hari sebelum rapat dimulai. Undangan rapat yang akan dikerjakan lengkap berisi :
a. Hari, tanggal, d…

Menciptakan dan Mengembangkan Naskah untuk Dokumen (Laporan)

Laporan yaitu suatu keterangan tertulis yang disampaikan oleh seorang kepada atasannya atau sebuah panitia/tim kepada yang membentuknya yang merupakan akibat dari pelaksanaan pekerjaan.
Untuk memperjelas pengertian laporan, berikut akan dibahas :
􀂃 Prof. Dr. Prayudi Atmosudirdjo menyatakan laporan adalah setiap tulisan yang berisikan hasil pengolahan data dan informasi.
􀂃 J.C. Denyern, laporan adalah suatu alat komunikasi tempat penulis membuat beberapa kesimpulan atau keadaan yang telah diselidiki.
Dari Uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa laporan adalah : Suatu bahan informasi yang diperoleh dari hasil proses pengolahan data sebagai hasil dari suatu penelitian atau riset terhadap suatu masalah yang biasa.
1. Fungsi laporan. Bagi suatu instansi / perusahaan laporan sangat besar sekali manfaatnya. Sebab laporan tersebut berfungsi sebagai
a. alat untuk menyampaikan informasi
b. alat pertanggungjawaban kepada pemberi tugas
c. bahan penentu kebijakan
d. alat untuk membina kerja sama