Kamis, 05 Mei 2011

PROGRAM KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN


Visi
            Mampu menghasilkan lulusan yang berkepribadian islami yang memiliki wawasan ilmu pengetahuan serta keterampilan khususnya dibidang Administrasi Perkantoran sehingga siap kerja dan dapat memberikan kontribusinya bagi bangsa dan Negara.

Misi
1.      Membekali kemampuan dan keterampilan siswa dalam memaksimalkan potensi siswa dengan fasilitas yang memadai, sehingga menghasilkan tenaga kerja yang terampil.
2.      Meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa dengan melibatkan sekolah, dunia usaha dan dunia industri untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja.

Tujuan program keahlian Administrasi Perkantoran
Tujuan Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran secara umum mengacu pada isi Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan Penjelasan Pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan  peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu, Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :
1.
Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat.
2.
Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efesien.
3.
Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawab.
4.
Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai dengan standar operasional dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga.
5.
Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak.
6.
Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggungjawabkan.
7.    Mendidik peserta diklat dengan kehlian dan keterampilan Administrasi Perkantoran  bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah
8.    Mendidik peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi dan mengembangkan sikap profesional dalam kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran
   9.        Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan  sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan

Strategi Pembelajaran Administrasi Perkantoran
Strategi penerapan kurikulum yang memberikan pembudayaan professional,  kemampuan berkomunikasi,  disiplin dan performa menjadi perhatian yang utama dalam mencapai visi  kompetensi keahlian.

Strategi yang akan dilakukan antara lain :
1.      Proses pembelajaran yang berbasis CBT dan ICT
2.      Mengalokasikan waktu pembelajaran sebanyak 70% untuk praktek agar peserta didik terampil di setiap kompetensi yang dicapai
3.      Memberikan nilai lebih untuk tamatan dengan melaksnakan sertifikasi peserta didik yang sudah mencapai kompetensi keahlian administrasi perkantoran.
4.       Menyiapkan sarana laboratorium yang dirancang yang sesuai dengan situasi perkantoran yang ideal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL UNTUK MATA PELAJARAN " ADMINISTRASI HUMAS DAN PROTOKOL" KELAS XII 1. Jelaskan yang dimaksud dengan Protokol,Protokorel, dan...