Minggu, 15 Mei 2011

MEMELIHARA STANDAR PRESENTASI PRIBADI


A.    GROOMING

Grooming adalah penampilan serasi yang ditun­jukkan oleh seseorang.

Penampilan serasi yang ditunjukkan oleh sese­orang dapat meliputi busana, tata rias, kesera­sian memakai aksesoris, dan sikap/posisi tubuh (wiraga) yang serasi.


B.    KUANTITAS KEPRIBADIAN

Kepribadian adalah suatu pencerminan sikap, karakter, watak diri pribadi seseorang yang dapat dilihat dari tingkah lakunya dalam ber­hubungan dengan orang lain.

·         Ada 2 tipe kepribadian, yaitu:

a.     Kepribadian yang tertutup (Introvert)
b.    Kepribadian yang terbuka (Ekstrovert)

Ada 7 usaha yang dapat dilakukan oleh seorang karyawan untuk memiliki kepribadian yang ba­ik, yaitu:
1.     Memerhatikan norma kesopanan.
2.     Mempunyai disiplin kerja.
3.     Memerhatikan penampilan pribadi.
4.     Membiasakan diri melakukan kebiasaan baik.
5.     Selalu mengingat dengan baik nama orang.
6.     Selalu memberikan informasi secara benar.
7.     Dapat memisahkan antara kepentingan pribadi dan kepentingan dinas


C.    ETIKA PROFESI

Etika profesi mempunyai arti pemikiran siste­matis tentang norma-norma perilaku yang men­jadi landasan kepribadian orang yang memang­ku suatu jabatan.


D.    JAMUAN BISNIS (TABLE MANNER)
Tata krama dalam jamuan bisnis ada 2 hal penting yang harus diperhatikan oleh tuan ru­mah dan para tamu itu sendiri, yaitu:
a.     Ketika tamu datang
Ketika kita sebagai tuan rumah mendengar tamu datang, hendaknya tuan rumah mem­bukakan pintu dan menyilakan tamunya untuk masuk ke ruang tamu dengan menam­pakkan raut wajah/muka yang ramah, dan tersenyum. Tapi hal ini berbeda dengan ne­gara-negara Barat yang mempunyai 4 mu‑ sim. Ap abiia sedang bermusim dinginmaka tuan rumah hendaknva membantu para ta­munya untuk melepaskan mantel dan kemu­dian menyilakan tamunya untuk masuk ke ruang tamu.

b.     Etiket Makan
Tuan rumah menunjukkan kepada se:iac tamu tempat duduknya dengan memerlu tikan beberapa tata caranya, yaitu:
Tuan rumah menyebutkan di mana para tamu wanita itu duduk, Baru kemudian disusul dengan pasangan duduknya.
Para tamu pria membantu para tamu wanita untuk duduk (wanita duduk di sebelah kanan para tamu pria) dengan mendorong kursi. Setelah itu, barulah mereka duduk sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL UNTUK MATA PELAJARAN " ADMINISTRASI HUMAS DAN PROTOKOL" KELAS XII 1. Jelaskan yang dimaksud dengan Protokol,Protokorel, dan...